Cara Mengatur Persediaan Barang Agar Tetap Terkontrol

Mengatur Persediaan Barang

Mengatur persediaan barang adalah salah satu kegiatan yang harus dilakukan oleh pelaku bisnis agar stok barang selalu tersedia sesuai dengan permintaan konsumen. 

Stok barang yang tetap terkontrol akan menghindari dari penumpukan barang di gudang yang kemungkinan akan rusak jika tidak segera terjual atau didistribusikan ke konsumen.

Akan tetapi, mengatur persediaan barang perlu diperhatikan bagi setiap pebisnis, khususnya bisnis retail yang memiliki banyak barang. Bagi yang memiliki gudang penyimpanan stok barang, sudah pasti membutuhkan tenaga yang besar dan waktu yang tidak sedikit untuk mengontrolnya. 

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatur persediaan barang agar tetap terkontrol. Berikut ini beberapa cara yang bisa Anda lakukan.

Melakukan Stock Opname Secara Berkala

Di dalam gudang atau tempat penyimpanan barang biasanya terjadi hal-hal yang tidak diinginkan seperti barang hilang, rusak, atau dipindahkan tanpa disadari. Dengan kejadian tersebut, tentu informasi tentang jumlah stok yang ada akan berbeda dengan jumlah stok fisik yang ada di gudang. 

Untuk mengaturnya, Anda perlu melakukan pengecekan barang secara berkala. Standar operasional ini harus dilakukan agar anda dapat mengetahui ketika ada barang yang hilang dan rusak secara periodik. Beberapa hal yang perlu Anda lakukan dalam standar operasional ini adalah dengan melakukan pengecekan sebelum barang disimpan dan melakukan pencatatan secara rutin.

Menggunakan Aplikasi Pengelolaan Stok Barang

Mengontrol stok barang saat ini sangat mudah dengan bantuan teknologi. Jika dulu dilakukan secara manual atau konvensional, sekarang bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi atau software, bahkan sudah bisa terintegrasi langsung dengan media internet. 

Dengan adanya aplikasi, maka mengelola stok barang dalam jumlah yang banyak akan dapat dilakukan dengan cepat dan akurat. Aplikasi akan membantu Anda untuk mengatur stok barang di dalam gudang. Aplikasi saat ini sudah sangat beragam dan semakin lengkap fiturnya. 

Anda bisa melakukan banyak hal seperti pencatatan keluar-masuk barang, pemindahan barang, dan pengecekan barang stok barang tersisa. Selain itu, dengan memanfaatkan aplikasi setiap data dan aktivitas dalam gudang akan akan terekam dalam sistem sehingga membuat pekerjaan menjadi lebih menghemat waktu, tenaga dan biaya. 

Beberapa aplikasi yang bisa Anda manfaatkan, misalnya sistem ERP atau Point of Sales (POS).

Membuat Daftar dan Jumlah Stok Barang

Cara mengatur stok barang yang sangat penting lainnya adalah dengan membuat daftar dan jumlah stok barang. Daftar dan jumlah stok barang merupakan informasi penting yang harus Anda ketahui setiap saat karena dapat mengontrol aktivitas inventaris. 

Dengan membuat daftar, Anda bisa menganalisis barang yang sering terjual dan yang sudah mulai menumpuk karena tidak kunjung terjual. Selanjutnya, Anda dapat melakukan tindakan yang tepat dan sesuai dengan keadaan stok barang yang ada.

Melakukan Forecasting

Salah satu hal yang harus Anda lakukan adalah membuat forecast untuk memperkirakan pergerakan stok barang. Dalam tindakan ini, Anda harus lebih dulu mengetahui jumlah stok barang yang akan dibutuhkan pada beberapa waktu kedepan,  khususnya jika Anda menjual berbagai macam jenis barang. 

Dengan melakukan forecasting, maka Anda dapat menyiapkan stok yang cukup di periode berikutnya. Selain itu, forecasting juga berguna untuk menjaga stabilitas pada bisnis yang Anda jalani.

Memberi Kode untuk Setiap Barang

Kode akan sangat membantu Anda, khususnya jika Anda menjual berbagai macam barang. Kode pada setiap barang berguna untuk mengetahui jenis barang yang lebih spesifik pada saat penjualan. Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan dalam membuat kode, misalnya dengan huruf, angka, atau warna.

Persediaan barang harus terkontrol dengan benar, karena akan mempengaruhi laporan keuangan usaha Anda. Untuk itu, beberapa cara di atas harus Anda lakukan dengan maksimal.

Selain masalah stok barang, Anda juga membutuhkan manajemen akuntansi yang tepat dalam bisnis. Jangan khawatir, kami punya solusinya. Hubungi Trier Consulting sekarang untuk mendapatkan layanan jasa pembukuan dan konsultan pajak, serta konsultan keuangan, maupun strategi bisnis yang bisa diandalkan. Klik Trier Consulting untuk info detail dan mulai berkonsultasi hari ini.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *