financial statement

financial statement

Bagi Anda yang sedang menjalankan bisnis sendiri, mungkin pernah mendengar tentang financial statement. Sesuai namanya, dokumen tersebut berhubungan dengan finansial atau keuangan. Finansial sendiri merupakan aspek penting dalam sebuah bisnis. Oleh karenanya, dokumen ini pun penting bagi kelangsungan bisnis. Untuk membantu Anda memahami tentang pentingnya financial statement bagi bisnis, mari simak penjelasan berikut.

Financial statement, apa itu?

Financial statement adalah sebuah dokumen yang berisi kondisi keuangan suatu perusahaan. Singkatnya, ia merupakan sebuah laporan keuangan perusahaan atau bisnis. Laporan tersebut berisi kondisi keuangan pada satu periode akuntansi yang sudah berjalan. Misalnya, statement untuk keuangan perusahaan pada bulan Mei 2022.

Di dalam sebuah financial statement, tercantum data transaksi seperti kuitansi, faktur, serta bukti kredit (baik dari bank maupun non-bank). Sedangkan komponen penyusunnya adalah neraca keuangan, laporan laba-rugi, laporan arus kas, dan laporan perubahan ekuitas.

Financial statement sangat penting untuk bisnis yang baru berkembang. Sebab, laporan ini bisa menjadi dokumen pendukung untuk meyakinkan investor agar mau menyuntikkan dana investasi pada perusahaan. Perusahaan yang tertib menyusun laporan keuangan akan lebih disukai oleh calon investor karena hal tersebut mengindikasikan transparansi.

Financial statement vs financial reporting

Selain financial statement, Anda mungkin pernah mendengar tentang financial reporting. Keduanya sering dianggap sebagai hal yang sama. Padahal, dua-duanya menyampaikan informasi yang berbeda. Seperti yang telah disebutkan, financial statement berisi kondisi keuangan suatu perusahaan. Sementara itu, financial reporting adalah pelaporan keuangan.

Financial reporting sendiri merupakan salah satu bentuk pemanfaatan financial statement. Pelaporan keuangan adalah penyampaian kondisi keuangan perusahaan kepada pihak eksternal. Wujudnya bisa berupa risalah pemegang saham (shareholder minutes), siaran pers, dan laporan auditor. Beberapa perusahaan juga menerbitkan poin-poin penting laporan keuangan mereka sebagai bentuk pelaporan keuangan.

Mengapa financial statement penting?

Haruskah sebuah bisnis menyusun financial statement? Jawabannya adalah iya, harus. Ada beberapa manfaat yang bisa didapat dengan rutin menyusun laporan keuangan bisnis, di antaranya:

  • Analisis finansial

Laporan keuangan adalah salah satu dokumen yang diperlukan untuk melakukan analisis finansial. Ini karena financial statement menjelaskan tentang kondisi keuangan serta gambaran untung-rugi. Dari situ, perusahaan bisa menganalisis kondisi keuangan mereka lebih mendalam. Analisis tersebut kemudian dijadikan dasar dalam mengambil berbagai keputusan bisnis, seperti ekspansi.

  • Evaluasi kerja

Financial statement menampilkan laporan mengenai penggunaan uang yang dimiliki perusahaan. Itu berarti, perusahaan dapat memanfaatkannya untuk menilai keputusan yang sudah diambil dan dijalankan, serta pengaruhnya terhadap kondisi keuangan.

Jika ternyata penggunaan dana sesuai dan menghasilkan output sesuai ekspektasi, strategi bisa diteruskan atau dikembangkan. Namun, jika kemudian diketahui bahwa penggunaan dana masih belum sesuai harapan, perusahaan harus segera meninjau ulang strategi agar tidak muncul kerugian yang lebih besar di masa mendatang.

  • Acuan pengambilan keputusan

Masih berhubungan dengan poin pertama, financial statement adalah komponen penting yang dibutuhkan dalam pengambilan keputusan. Mengapa demikian?

Alasannya tak lain adalah karena laporan keuangan berisi informasi mengenai kondisi keuangan perusahaan yang terperinci. Dari laporan tersebut, perusahaan tak hanya bisa mengetahui kondisi keuangan mereka, tapi juga posisinya, apakah sedang untung atau justru merugi.

Didukung dengan analisis keuangan yang tepat, maka laporan keuangan bisa menjadi acuan pengambilan keputusan yang akurat. Perusahaan juga bisa membandingkannya dengan laporan pada periode sebelumnya untuk memastikan posisi keuangan, apakah membaik atau justru mengalami penurunan. Semuanya bisa didapat dengan menganalisis financial statement.

  • Prediksi keuangan

Terakhir, financial statement juga bisa dijadikan prediksi keuangan perusahaan di masa mendatang. Alasannya pun masih sama, karena laporan keuangan berisi kondisi keuangan perusahaan pada periode waktu tertentu.

Dengan membandingkan laporan keuangan dari beberapa periode waktu, Anda bisa mengetahui ke mana arah gerak keuangan perusahaan, terlihat tren positif atau justru negatif. Dari situ, dapat diketahui seberapa besar tingkat pertumbuhan bisnis (growth rate). Prediksi keuangan seperti ini penting bagi perusahaan karena akan membantu dalam menentukan strategi usaha yang akan diterapkan selanjutnya.

Dari sini, bisa disimpulkan bahwa financial statement merupakan dokumen yang penting bagi kelangsungan bisnis. Meski begitu, banyak perusahaan yang belum mengerti bagaimana cara menyusun laporan keuangan dengan benar, terutama bagi perusahaan baru atau rintisan (startup). Apakah Anda juga sedang menghadapi masalah serupa?Tidak perlu khawatir, kini Trier Consulting telah menyediakan layanan Compilation of Financial Statement. Lewat layanan ini, Anda akan mendapat dukungan dari tenaga ahli dalam menyusun financial statement sebagai bahan evaluasi kinerja. Selain itu, layanan ini juga akan membantu Anda menyusun laporan yang tepat untuk bisa mengakses pendanaan. Untuk mulai berkonsultasi, silakan hubungi tim Compilation of Financial Statement Trier Consulting di sini.