Konsultan Pajak : Peran, Layanan dan Manfaatnya

jasa konsultan pajak

Konsultan Pajak – Bagi sebagian orang yang memiliki kesibukan yang sangat padat dan tidak terbiasa dengan berbagai urusan yang berkaitan dengan administrasi dan perpajakan, menganggap bahwa perpajakan adalah hal yang sulit dan rumit. Berhadapan dengan administrasi dan perpajakan bagi mereka adalah tantangan tersendiri.

Oleh karena itu Konsultan Pajak hadir untuk membantu pihak atau orang-orang yang memiliki kesibukan padat dan tidak terbiasa dengan urusan administrasi dan perpajakan untuk menggunakan jasanya, sehingga Anda dapat melaksanakan kewajiban perpajakannya dengan baik dan benar.

Peran Konsultan Pajak

Menurut Peraturan Menteri Keuangan No. 111/PMK.03/2014, Konsultan Pajak adalah orang yang memberikan jasa konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak dalam rangka melaksanakan hak dan memenuhi kewajiban perpajakannya sesuai dengan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Anda dapat memberikan sebuah kuasa kepada seorang Konsultan Pajak untuk menangani kewajiban perpajakannya mulai dari mempersiapkan, menghitung sampai melaporkan pajak yang telah mereka bayarkan. Sehingga mereka dapat menghindari kesalahan terkait dengan perhitungan dan pelaporan pajak yang dapat mengahadirkan kerugian bagi Wajib Pajak tersebut.

Baca Juga : Jangan Telat, Ini 5 Resiko Perusahaan Tidak Melaporkan Pajak Bulanan

Layanan Konsultan Pajak

Sudah banyak perusahaan di indonesia yang menggunakan konsultan perpajakan dalam rangka efisiensi dan efektifitas perusahaan. Berikut ini layanan yang biasanya diberikan oleh konsultan perpajakan kepada para kliennya:

1. Kepatuhan pajak

Konsultan mengelola keperluan yang berhubungan dengan kepatuhan pajak dari kliennya seperti menghitung, membayar dan melaporkan pajak.

2. Perencanaan pajak

Konsultan melakukan jasa perencanaan pajak yang bertujuan untuk mengoptimalkan keuntungan dari kliennya.

3. Pemeriksaan laporan pajak

Konsultan memberikan layanan untuk mengevaluasi data yang berhubungan dengan munculnya beban perpajakan yang merugikan perusahaan dari klien.

4. Pendampingan dalam pemeriksaan pajak

Konsultan memiliki sebuah tanggung jawab dalam mewakili atau mendampingi kliennya saat pemeriksaan perpajakan. Hal ini dilakukan karena tidak sedikit klien yang kurang memahami permasalahan perpajakannya. Konsultan juga ikut membantu menyiapkan data maupun dokumen yang dibutuhkan saat pemeriksaan.

5. Konsultasi pajak

Konsultan memberikan jasa konsultasi mengenai permasalahan perpajakan yang sedang dialami oleh kliennya.

6. Restitusi pajak

Konsultan dapat membantu klien dalam proses pengembalian akibat kelebihan pembayaran pajak, mulai dari menyiapkan data, penyampaian restitusi, pemeriksaan hingga proses akhir dari diterimanya pengembalian kelebihan pajak.

7. Penyelesaian sengketa pajak

Konsultan dapat memberikan pelayanan penyelesaian sengketa perpajakan. Misalnya apabila klien berencana mengajukan keberatan pajak, banding dan lain sebagainya.

Manfaat Menggunakan Konsultan Pajak

Apabila Anda ingin tahu apa saja keuntungan yang diperoleh saat menggunakan jasa konsultan pajak, berikut ini adalah ulasannya.

  1. Lebih efisien karena tingkat kesalahan yang diterima sangat kecil sehingga minim risiko untuk membayar lebih.
  2. Perusahaan tidak perlu merasa terbebani dengan urusan administrasi perpajakan pada saat membuat laporan dan proses pelaporannya, karena hal tersebut sudah ditangani secara langsung oleh para pakar dari konsultan pajak.
  3. Perusahaan lebih merasa nyaman saat menjalani pemeriksaan pajak karena didampingi oleh pihak konsultan yang memahami prosedur pemeriksaan serta mengantisipasi resiko kerugian akibat kesalahan dalam perhitungan.
  4. Bisa mengatasi masalah dengan cepat dan tuntas sehingga tidak menyita pikiran dan waktu pimpinan perusahaan.
  5. Perusahaan dapat lebih fokus dalam pengembangan bisnisnya.
  6. Pemilik dan manajemen perusahaan bisa beraktivitas seperti biasa tanpa ada beban, sebab urusan pajak sudah ditangani oleh orang yang berkompeten.
  7. Perusahaan bisa lebih fokus melakukan perencanaan pajak atau tax planning.

Dalam menggunakan jasa Konsultan Pajak tentu Anda harus memilih Konsultan yang memiliki kredibilitas yang mumpuni dan terpercaya. Jika salah memilih, alih-alih membantu urusan perpajakan Anda, malah dapat membawa kerugian bagi Anda dan juga bagi negara.

Baca Juga : Tips Memilih Jasa Konsultan Pajak Terpercaya Untuk Perusahaan Anda

Pastikan Jasa Konsultan Pajak yang Anda pilih sudah mengantongi Izin Praktik dari Direktur Jenderal Pajak. Konsultan yang baik harus transparan dalam menyampaikan informasi kepada kliennya. Pilihlah Konsultan yang mampu memberikan solusi dan saran yang tepat untuk Anda.

Trier Consulting hadir membantu anda meminimalkan bahkan menghindari resiko dalam mengelola dan memenuhi kewajiban anda dalam perpajakan. Hal yang terpenting adalah anda dapat berfokus pada kegiatan bisnis anda, tanpa harus memikirkan betapa rumitnya menangani urusan perpajakan.

Mulai Konsultasikan pajak bisnis anda bersama kami, anda dapat menghubungi kami melalui telepon maupun whatsapp di nomor +62822 7777 6794 atau datang langsung ke kantor kami di Citra Garden 2 Blok P4 No.3 AA Kalideres, Jakarta Barat 11820.

jasa konsultan pajak
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *