Cara Membaca Laporan Arus Kas

membaca laporan arus kas

Sebuah perusahaan pasti banyak melakukan transaksi atau aktivitas keuangan. Berbagai aktivitas tersebut harus dicatat dalam laporan arus kas. Laporan arus kas adalah sebuah laporan keuangan yang menyajikan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas sebuah perusahaan pada suatu periode.

Oleh sebab itu, dalam menyusunnya dibutuhkan data dan informasi mengenai penerimaan dan pengeluaran kas secara tepat. Dengan begitu, laporan arus kas akan dapat memberikan informasi dan membantu Anda dalam melakukan evaluasi keuangan serta pengambilan keputusan.

Akan tetapi, apakah Anda sudah dapat membaca laporan arus kas dengan benar? Agar Anda dapat memahami masing-masing bagian pada laporan arus kas, tentu saja Anda harus dapat membaca laporan arus kas terlebih dahulu. Sehingga keputusan yang Anda buat nantinya akan benar dan tepat.

Bagian Penting Yang Harus Diperhatikan Dalam Membaca Laporan Arus Kas

Pada laporan arus kas dibagi menjadi tiga bagian sesuai dengan aktivitas keuangan yang dilakukan oleh perusahaan, yaitu kegiatan operasi, investasi, dan pendanaan. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Kas Aktivitas Operasi

Kegiatan utama dari perusahaan untuk menghasilkan pendapatan dan secara langsung berhubungan dengan kas dapat dilihat pada arus kas aktivitas operasi. Biasanya arus kas penerimaan pada aktivitas ini berasal dari penjualan produk atau jasa. Selain itu, aktivitas ini juga mendapat penerimaan dari pembayaran kontrak dagang, komisi atau fee dan royalti. Sedangkan untuk pengeluaran kas dari aktivitas ini berasal dari pembayaran gaji, pajak, biaya pengiriman dan biaya operasional lainnya.

Pada arus kas aktivitas operasi, akan terdapat akun-akun harta dan utang seperti akun piutang, utang dagang, laba bersih, persediaan dan lain-lain. Perlu Anda ingat kembali bahwa pendapatan akan berbeda dengan uang tunai. Oleh sebab itu, Anda mesti melakukan penyesuaian dimana pada akhirnya nanti akan diperoleh informasi tentang arus kas informasi.

Dari arus kas aktivitas operasi, Anda dapat menyimpulkan apakah pada tahun tersebut perusahaan Anda lebih banyak menghasilkan keuntungan atau uang operasional.

Kas Aktivitas Investasi

Pelaku usaha seringkali melakukan investasi untuk mengembangkan perusahaannya. Anda dapat melihat aktivitas investasi dari sebuah perusahaan didalam laporan arus kas. Biasanya arus kas penerimaan aktivitas ini berupa pendapatan dari penjualan tanah, bangunan dan peralatan. Selain itu, aktivitas ini juga mendapat penerimaan dari perolehan saham dan instrumen keuangan lain. Sedangkan untuk pengeluaran kas dari aktivitas ini yaitu pembelian aktiva baik, aktiva tetap, aktiva tidak berwujud maupun aktiva jangka panjang.

Dari laporan arus kas aktivitas investasi, Anda dapat mengetahui apakah perusahaan pada tahun berjalan melakukan investasi dan apa saja jenis investasi diambil dari perusahaan tersebut. Dengan demikian, Anda juga dapat menilai risiko yang dapat terjadi dimasa yang akan datang guna meminimalisir kerugian.

Untuk pihak luar, laporan ini dapat digunakan sebagai bentuk tanggung jawab Anda melakukan komunikasi dan transparansi. Laporan ini juga akan sangat membantu dalam menilai kinerja dari perusahaan Anda.

Kas Aktivitas Pendanaan

Aktivitas pendanaan berhubungan erat dengan investasi, peminjaman dan pengembalian dana yang dilakukan perusahaan. Pada aktivitas ini, Anda dapat melihat kas sebagai aktivitas keuangan yang menyebabkan perubahan pada jumlah, komposisi modal dan pinjaman.

Beberapa aktivitas yang sering muncul pada laporan arus kas pendanaan yaitu emisi saham, emisi obligasi, wesel, pinjaman dan hipotik. Sedangkan untuk pengeluarannya dapat berupa pembayaran kas kepada pemegang saham dan pelunasan pinjaman.

Baca Juga : Cash Basis Dan Accrual Basis Pada Pencatatan Akuntansi

Pahami Terlebih Dahulu Perbedaan Antara Kas dan Laba

Sebuah laporan keuangan biasanya terdiri dari laporan laba rugi, perubahan modal, neraca, dan arus kas. Kali ini yang akan dibahas hanya laporan laba rugi dan arus kas saja, mengapa? Beberapa orang dan mungkin Anda salah satunya menganggap bahwa laba yang dihasilkan dalam laporan laba rugi adalah kas. Kondisi ini merupakan sebuah kesalahan sehingga kita perlu mengerti dan memahami perbedaan antara kas dan laba.

Kas merupakan salah satu aset yang sifatnya liquid. Sedangkan laba dapat diartikan sebagai keuntungan yang diperoleh perusahaan dari aktivitas atau kegiatan operasionalnya. Perlu Anda ketahui bahwa tidak semua laba merupakan kas. Sebuah Perusahaan yang mendapatkan laba atau keuntungan bisa jadi tidak memiliki kas atau uang tunai dan sebaliknya perusahaan yang memiliki kas tidak dapat dipastikan mereka mendapatkan keuntungan.

Oleh karena itu, antara laba dan kas tidak dapat disamakan. Pada laporan laba rugi akan menunjukkan hasil yang diperoleh perusahaan pada suatu periode dan pada laporan arus kas memberikan informasi mengenai banyaknya uang atau kas yang diterima dan dikeluarkan.

Baca Juga : Perbedaan Pencatatan dan Pembukuan

Contoh Kasus Cara Membaca Laporan Arus Kas Dengan Benar

Berikut ini akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membaca laporan arus kas dengan benar.

  1. Hal pertama yang harus Anda persiapkan adalah, laporan keuangan perusahaan yang akan dianalisa, Anda dapat mendapatkannya dilaman resmi bursa efek Indonesia atau dapat mencari dilaman resmi perusahaan masing-masing. Contohnya dapat Anda lihat seperti dibawah ini:
  1. Pada kotak berwarna merah, merupakan arus kas dari aktivitas operasi bisnis perusahaan sehari-hari.
  2. Pada kotak berwarna kuning, merupakan arus kas aktivitas investasi yang dihasilkan dari proses pembelian atau penjualan asset seperti mesin, bangunan dan akuisisi bisnis.
  3. Pada kotak berwana hijau, merupakan arus kas dari aktivitas pendanaan yang dihasilkan dari penerimaan dan pembayaran pinjaman.

Sekarang mestinya Anda sudah paham bahwa laporan arus kas merupakan laporan yang penting. Hal ini dikarenakan laporan arus kas sangat berpengaruh dengan laporan keuangan secara keseluruhan. Maka sebab itu, Anda harus bisa membaca laporan arus kas secara baik dan benar agar dapat membuat laporan arus kas sendiri.

Untuk membantu Anda dalam mencatat transaksi dan membuat laporan arus kas dengan rapi. Anda bisa menggunakan software cloud accounting dari jurnal.id by mekari. Aplikasi jurnal.id dapat membuat Anda lebih mudah dengan laporan yang instan. Hanya dengan memasukkan informasi dan data-data keuangan bisnis, jurnal.id akan menghitungnya secara otomatis. Dapatkan akses gratis selama 1 bulan dengan memasukkan kode referal “TRIER” saat membuat akun perusahaan baru.

Apabila anda masih merasa kesulitan dalam mencatat dan membuat laporan arus kas, Anda juga dapat menggunakan jasa akuntansi dari Trier Consulting. Anda dapat menghubungi kami melalui telepon maupun whatsapp di nomor +62822 7777 6794 atau datang langsung ke kantor kami di Citra Garden 2 Blok P4 No.3 AA Kalideres, Jakarta Barat 11820.

jasa konsultan pajak
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *