Manfaat Laporan Keuangan Bagi Beberapa Pihak

manfaat laporan keuangan

Manfaat Laporan KeuanganLaporan keuangan merupakan satu dari sekian banyak hal penting untuk menjaga bisnis Anda agar terus berjalan dengan baik dan benar. Apabila laporan yang Anda buat tidak rapi, tidak teliti dan juga tidak konsisten, maka bisa membuat bisnis Anda akan terkena masalah besar terkait pelaporan maupun kebocoran asset yang sangat merugikan perusahaan Anda.

Pembuatan dan penyusunan laporan keuangan merupakan bagian yang sangat penting dari perusahaan yang tidak bisa Anda abaikan dan tinggalkan. Dengan laporan keuangan ini, banyak sekali hal yang bisa Anda lakukan. Misalnya seperti menilai kondisi dan keadaan perusahaan Anda selama periode sebelumnya dan mengambil langkah atau keputusan untuk perusahaan Anda kedepannya. Didalam laporan keuangan terdapat banyak kegiatan transaksi yang bisa Anda catat, seperti piutang tak tertagih, pajak yang harus perusahaan Anda bayarkan dan masih banyak lainnya.

Manfaat Laporan Keuangan untuk Beberapa Pihak

Pada dasarnya laporan keuangan hanya digunakan oleh pihak-pihak yang berkepentingan. Tidak semua orang diizinkan untuk memakai laporan keuangan dari sebuah perusahaan. Laporan keuangan bukan hanya bermanfaat bagi perusahaan dan pengusaha saja, berikut ini pihak-pihak yang bisa mendapatkan manfaat dari sebuah laporan keuangan.

Manajemen Perusahaan

Manajemen perusahaan merupakan orang yang sangat membutuhkan sebuah laporan keuangan. Dengan laporan keuangan tersebut, pihak manajemen dapat mengetahui dan memastikan bahwa semua proses pada perusahaan sudah berjalan dengan baik dan benar. Laporan keuangan juga mereka gunakan untuk menjadi referensi dalam mendukung arah perencanaan bisnis dimasa yang kan datang.

Investor

Sebagai penanam modal, seorang investor tentu saja selalu ingin mengetahui apakah modal yang mereka berikan sudah digunakan dengan baik dan tepat. Dengan laporan keuangan yang baik dan benar, tentu saja investor akan lebih merasa yakin terhadap bisnis Anda. Dengan demikian, mereka tidak akan merasa was-was dan keberatan untuk menanamkan modalnya ke perusahaan Anda, sehingga Anda dapat lebih mudah dan lebih fokus untuk mengembangkan bisnis dengan modal tambahan yang diberikan oleh investor. Dengan laporan keuangan yang baik dan benar merupakan sebuah bentuk kepercayaan terhadap para investor yang telah berinvestasi pada bisnis dan perusahaan Anda.

Baca Juga : Tips Menyusun Laporan Keuangan Bagi UKM

Kreditur

Sebagai pemberi pinjaman tambahan modal untuk membantu bisnis Anda agar tetap terus berjalan dengan baik dan benar, kreditur tentu saja akan meminta laporan keuangan dari perusahaan Anda. Dengan laporan keuangan, kreditur akan melihat informasi kondisi keuangan dari perusahaan Anda, kemudian akan digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk menerima atau menolak pinjaman yang Anda ajukan. Kreditur akan memperoleh keyakinan bahwa uang yang akan atau telah dipinjamkan tidak jatuh ketangan orang yang salah. Apabila pinjaman Anda disetujui, maka dapat diketahui bahwa kreditur yakin perusahaan Anda mampu membayar dan mengembalikannya sesuai jangk waktu yang sudah disepakati bersama.

Pemasok atau Supplier

Pemasok atau supplier juga perlu mengetahui laporan keuangan dari perusahaan Anda, terutama apabila Anda membeli barang dengan cara tidak langsung dibayar tunai atau sistem kredit. Dengan informai yang terdapat pada laporan keuangan, pemasok atau supplier dapat mengambil keputusan apakah perusahaan Anda mampu membayar tagian atau tidak. Apabila perusahaan Anda dinilai tidak mampu, maka pemasok atau supplier akan menolak kerja sama dengan perusahaan Anda.

Pemerintah

Setiap bisnis yang terdaftar akan memiliki kewajiban untuk membayar pajak kepada pemerintah. Besaran pajak yang wajib Anda bayarkan akan sesuai dengan besaran angka yang terdapat pada laporan keuangan dari bisnis perusahaan Anda. Apabila perusahaan Anda sudah membuat dan menyusun laporan keuangan dengan baik dan benar, maka Anda akan terhindar dari masalah terkait kewajiban perpajakan.

Pelanggan

Pelanggan yang memiliki kerja sama untuk memasarkan produk Anda juga perlu mengetahui laporan keuangan dari perusahaan Anda. Mereka perlu mengetahui kelangsungan dari bisnis Anda, terutama apabila mereka terikat dengan perjanjian kerja sama jangka panjang dengan bisnis Anda. Dengan laporan keuangan yang baik dan benar akan memperlihatkan riwayat bisnis yang baik sehingga akan meyakinkan pelanggan untuk mengambil keputusan kesepakatan kerjasama.

Karyawan

Karyawan juga perlu mengetaui laporan keuangan yang dimiliki perusahaan Anda, ini tekait dengan kemampuan gaji yang perusahaan Anda bisa bayarkan kepada mereka. Dengan laporan keuangan yang baik dan benar dapat membantu perusahaan Anda untuk bekerjasama dengan karyawan terkait pembayaran dimasa-masa sulit bisnis Anda.

Baca Juga : 9 Manfaat Laporan Keuangan Yang Wajib Diketahui Untuk Keberlangsungan Bisnis Anda

Laporan keuangan tidak hanya menguntungkan beberapa pihak diatas saja. Laporan keuangan juga memberikan keuntungan bagi binis dan perusahaan Anda. Salah satu contohnya adalah melndungi asset perusahaan dari kecurangan maupun kebocoran data.

Tanpa adanya laporan keuangan Anda bisa saja kehilangan modal, investor, tidak mendapatkan modal tambahan dari kreditor dan tidak memiliki kerja sama dengan perusahaan lain dikarenakan ragu terhadap kinerja perusahaan Anda selama ini.

Apabila Anda membutuhkan Jasa Pembuatan Laporan Keuangan yang terpercaya dan memiliki tim yang profesional serta menyediakan paket yang lengkap untuk menangani segala permasalahan Anda maka Trier Consulting adalah jawaban yang tepat.

Mulai Konsultasi pajak bisnis anda bersama kami, anda dapat menghubungi kami melalui telepon maupun whatsapp di nomor +62822 7777 6794 atau datang langsung ke kantor kami di Citra Garden 2 Blok P4 No.3 AA Kalideres, Jakarta Barat 11820.

jasa konsultan pajak
Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *