Ketahui Macam-macam Laporan Keuangan dan Fungsinya

laporan keuangan

Laporan keuangan berperan sangat penting dalam suatu bisnis karena merangkum data finansial yang memungkinkan untuk mengetahui kondisi keuangan bisnis secara keseluruhan. Tak hanya itu, dalam laporan keuangan terdapat informasi mengenai kondisi keuangan yang bisa digunakan untuk menyusun strategi bisnis maupun mengambil keputusan penting pada periode selanjutnya. Mari kita bahas mengenai apa saja laporan keuangan dan fungsinya.

Dalam akuntansi, dikenal beberapa macam laporan keuangan, yaitu Laporan Laba Rugi, Laporan Neraca, Laporan arus kas, dan Laporan Perubahan Modal (Ekuitas). Selain keempat laporan tersebut, ada pula laporan keuangan yang memberikan informasi lebih terperinci yang disebut dengan Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK). Berikut ini, akan diulas mengenai macam-macam laporan keuangan tersebut beserta fungsinya.

Macam-Macam Laporan Beserta Fungsinya

Laporan Laba Rugi

Laporan laba rugi merupakan laporan keuangan yang menjabarkan tentang unsur-unsur pendapatan dan beban perusahaan untuk mengetahui laba atau rugi bersih yang dihasilkan. Fungsi dari laporan laba rugi antara lain :

  • Menyajikan informasi mengenai performa bisnis untuk memprediksi kondisi ekonomi internal perusahaan di masa depan. 
  • Menyajikan Informasi untuk memprediksi kapasitas perusahaan dalam menghasilkan arus kas dari sumber daya yang ada.
  • Menghitung laba bersih perusahaan sesuai dengan data yang ada pada Jurnal umum dengan mengurangi total pengeluaran dari total pendapatan.

Laporan Neraca

Laporan neraca atau balance sheet merupakan laporan yang menunjukkan kondisi, informasi, atau posisi keuangan bisnis pada tanggal tertentu. Secara umum, laporan neraca disusun atas tiga unsur utama, yaitu aset, liabilitas, dan ekuitas. 

Ketiganya memiliki hubungan yaitu besar aset merupakan total dari liabilitas dan ekuitas (aset = liabilitas + ekuitas).

Fungsi dari laporan neraca adalah untuk melihat jumlah aktiva berupa harta (aset), kewajiban berupa hutang, dan ekuitas yang merupakan modal perusahaan.

Baca Juga : Cash Basis Dan Accrual Basis Pada Pencatatan Akuntansi

Laporan Arus Kas

Laporan arus kas (cash flows) merupakan laporan keuangan yang digunakan untuk menunjukkan aliran masuk dan keluar kas perusahaan pada suatu periode akuntansi. Laporan arus kas memiliki beberapa fungsi, yaitu:

  • Menyediakan Informasi untuk indikator jumlah arus kas di masa yang akan datang, 
  • Menilai tepat atau tidaknya perkiraan arus kas yang telah dibuat dan direncanakan sebelumnya.  
  • Sebagai alat pertanggungjawaban arus kas masuk dan keluar selama periode pelaporan.

Laporan Perubahan Modal (Ekuitas)

Laporan perubahan modal merupakan laporan yang menggambarkan informasi jumlah modal yang dimiliki oleh perusahaan dalam beberapa tahun tertentu. 

Untuk membuat laporan perubahan modal dibutuhkan data tentang jumlah modal pada awal tahun, jumlah rugi atau laba bersih selama tahun tersebut, dan pengambilan dana pribadi oleh pemilik untuk tahun yang bersangkutan.

Fungsi Laporan Perubahan Modal (Ekuitas) adalah untuk menunjukkan besarnya perubahan modal yang telah terjadi, lengkap dengan penyebab perubahannya.

Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK)

Catatan Atas Laporan Keuangan (CALK) merupakan informasi yang lebih rinci mengenai detail laporan keuangan perusahaan. Meskipun sifatnya hanya sebagai pelengkap, namun CALK sangat penting dalam penyajian laporan keuangan. 

Khususnya bagi perusahaan terbuka dengan banyak pihak yang mencari informasi mengenai laporan keuangan. CALK berfungsi memiliki beberapa fungsi, antara lain:

sebagai penjelas pada laporan keuangan yang lebih detail dan angka-angkanya tidak bisa diungkapkan dalam sebuah laporan keuangan lainnya.

  • Menghindari kesalahpahaman dalam membaca dan menerjemahkan laporan keuangan
  • Menjawab pertanyaan-pertanyaan publik tentang perkembangan posisi dan keadaan fiskal entitas perusahaan.
  • Menyajikan data lebih rinci dan jelas dalam bentuk narasi untuk memudahkan pembaca mengerti keuangan perusahaan.

Dari macam-macam laporan keuangan tersebut, perlu bagi Anda untuk melakukannya baik secara manual maupun dengan aplikasi. Trier Consulting akan membantu Anda dalam mengelola pajak, jasa pembukuan keuangan, jasa Akuntansi, jasa Konsultan Pajak, dan strategi bisnis yang tepat bagi usaha Anda. Klik di sini sekarang untuk mulai berkonsultasi.

Share :

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *